Jumat, 27 April 2012

About GoPang

GoPang merupakan salah satu PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa - Kewirausahaan) yang mendapat pendanaan Dikti. PKM-K yang berjudul :

Go_Pang SEBAGAI ALTERNATIF BARU PEMANFAATAN KUPANG YANG DIJADIKAN OLEH – OLEH JAJANAN KHAS SIDOARJO

Latar belakang dari pembuatan PKM-K mengenai gopang sendiri adalah :

  1. Perlu adanya inovasi pengolahan kupang yang baru. Di Sidoarjo sendiri sudah ada wisata kuliner yang memanfaatkan kupang sebagai bahan utamanya seperti lontong kupang, kerupuk kupang, dll. Tetapi kami membuat oleh - oleh khas yang dapat dibawah pulang setelah melakukan kunjungan di Sidoarjo,
  2. Banyak sekali nelayan kupang yang dapat kita temukan di Sidoarjo. Sehingga untuk masalah bahan baku kupang sudah tidak menjadi hal yang sulit diperoleh,
  3. Banyak tempat wisata atau tempat tongkrongan di Sidoarjo, selain itu di Sidoarjo sendiri terdapat sebagian tempat pemberhentian utama dari Transportasi umum seperti, Terminal, Bandara, Stasiun, dll.
  4. Terinspirasi dari oleh- oleh khas daerah lain yang berupa makanan. seperti : Bakpao Telo - Malang, Brem - Madiun, Bakpia Pathuk - Yogya.
Harapan dari kegiatan ini diantaranya :
  1. Terbukanya lapangan usaha baru, sehingga dapat membantu mengurangi angka pengangguran meskipun hanya kurang dari 1% dan dapat menjadi inspirasi masyarakat untuk membuka lapangan usaha sendiri.
  2. Keuntungan sudah barang tentu menjadi tujuan.
  3. Kegiatan produksi yang berkualitas
  4. Menjadi icon oleh - oleh Khas Sidoarjo
diberi nama ”Go_Pang”, ”Go_Pang” merupakan kepanjangan dari ”Gorengan Kupang” yang sebagai bahan dasar pembuatan jajanan ini adalah kupang yang telah diolah untuk dijadikan isian. Istilah ini dapat menarik keingin tahuan pembeli yang disesuaikan dengan produk yang dijual yaitu gorengan kupang. Jadi secara filosofis, penggunaan istilah ini dimaksudkan untuk memberikan stimulus secara tidak langsung kepada orang yang melihat tulisan langsung memahami maksud dan singkatannya. Selain itu, istilah ini sangat eye catching sehingga membuat orang yang melihat tertarik untuk sekedar melihat atau bahkan membeli produk makanan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GoPang (Gorengan Kupang) Oleh-oleh khas Sidoarjo Murah, Sehat, Enak